Kuku kaki tumbuh ke dalam. Anda pernah mendengar tentang mereka dan mengenal beberapa teman dan anggota keluarga yang pernah memilikinya. Mereka adalah masalah kaki yang cukup umum yang dalam banyak kasus mudah diobati. Tidak berbahaya seperti yang terlihat, mereka dapat menjadi masalah kesehatan serius bagi orang-orang tertentu dengan masalah kesehatan lainnya seperti diabetes. Mereka juga dapat terinfeksi jika tidak dirawat, berpotensi menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan kemungkinan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada jari kaki. Dalam beberapa kasus, kuku itu sendiri perlu dihilangkan.

Apa itu Kuku yang Tumbuh ke Dalam?

Biasanya, kuku akan tumbuh di atas daging jari kaki. Ini karena kuku bertindak sebagai sumber perlindungan untuk ujung jari kaki serta untuk penggunaan lama mencengkeram tanah saat bertelanjang kaki. Namun, kuku yang tumbuh ke dalam terjadi ketika kuku tumbuh ke dalam daging, bukan di atas daging. Kelainan kuku ini biasanya terjadi pada jari kaki besar.

Apa yang menyebabkan kuku jari kaki tumbuh ke dalam?

Ada beberapa penyebab kuku jari kaki tumbuh ke dalam, yang sebagian besar dapat dengan mudah dihindari. Di bawah ini adalah penyebab umum mereka:

Perawatan kaki yang buruk. Memotong kuku terlalu pendek dan memotong ujung yang bulat dapat menyebabkan kuku tumbuh ke sisi jari kaki. Untuk mencegah kuku tumbuh ke dalam, hindari memotong kuku terlalu pendek dan memotong kuku lurus.

Mengenakan sepatu yang tidak pas atau kaus kaki ketat. Mengenakan sepatu yang terlalu kecil tidak hanya membuat jari kaki berderak, tetapi mereka dapat menyebabkan kuku jari kaki menekuk dan tumbuh di sekitar kuku, termasuk tumbuh ke sisi jari kaki, yang mengakibatkan kuku jari kaki tumbuh ke dalam. Mengenakan kaus kaki yang ketat dapat memiliki efek yang sama seperti sepatu ketat dan mengenakannya secara teratur dapat mengubah arah pertumbuhan kuku yang tepat.

Cidera atau trauma pada jari kaki. Jari kaki yang hancur, macet, membandel, terinjak atau terpotong secara tidak sengaja dapat menyebabkan kuku terbelah, retak atau patah. Jika tidak dipangkas, ujung kuku yang bergerigi dan patah dapat mengeriting dan tumbuh menjadi daging jari kaki.

Faktor Risiko Kuku Kaki Tumbuh Ke Dalam

Sementara siapa pun bisa mendapatkan kuku yang tumbuh ke dalam, ada yang berisiko lebih tinggi daripada yang lain. Berikut adalah beberapa faktor risiko yang dapat membuat mereka lebih mungkin terjadi:

Mereka yang menderita diabetes
Mereka yang mati rasa di jari kaki mereka
Mereka yang memiliki kuku kaki tebal atau melengkung luar biasa
Mereka yang memiliki masalah pembuluh darah di jari kaki mereka
Siapa pun bisa mendapatkan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam dan seringkali perawatannya semudah memakai sepatu yang berbeda dan memastikan salah satu memotong kuku kakinya dengan baik. Jika tidak diobati, infeksi yang menyakitkan dapat terjadi. Dalam kasus yang buruk, kuku jari kaki harus diangkat untuk menghentikan rasa sakit dan penyebaran infeksi. Dalam kasus dengan individu dengan kondisi medis serius lainnya, jari kaki yang terinfeksi mungkin diamputasi.